Djarot Dapat Dana Operasional Rp 4 M Tiap Bulan

Djarot Kantongi Rp 4 M Dana Operasional Tiap Bulan

Djarot Dapat Dana Operasional Rp 4 M Tiap Bulan, terbilang baru menjabat sudah dapat kabar heboh. Presiden Joko Widodo yang melantik pada Kamis (15/6) lalu, Djarot Saiful Hidayat dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Ahok yang divonis hukuman 2 Tahun penjara.

Selama menjadi Gubernur DKI hingga bulan Oktober 2017, Djarot tidak didampingi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta. Lalu, berapa kira-kira dana operasional yang didapat oleh Djarot tiap bulannya ?

“Jumlahnya itu kan pengalinya 0,15 persen dari PAD (Pendapatan Asli Daerah). Kalau dirata-rata Rp 4 miliar lah,” kata Sekda DKI Jakarta

Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/6/2017). Menurut Saefullah, jumlah yang didapat oleh Djarot tersebut bukan karena dia menjadi Gubernur tanpa adanya Wagub.

Jumlah tersebut, kata Saefullah, karena Djarot sudah menjadi gubernur definitif. Untuk penggunaan dan alokasi dana tersebut, semua tergantung Djarot.

“Semuanya itu beliau berhak. Kalau dia (Djarot) mau pakai semuanya itu boleh,” terang Sekda.

Saefullah juga menjelaskan tidak ada larangan pada Djarot dalam menggunakan dana operasionalnya. Untuk pembagian porsi dari dana operasional pun semua tergantung Djarot.

“Boleh saja (untuk beli apapun). Kepala daerah kan tanggung jawabnya 24 jam, saya pikir undang-undang bilang begitu, mau bilang apa lagi,” tutur Saefullah.

“Kalau sudah rezekinya mau bilang apa ? Ya digunakan,” tutupnya.

Di Istana Negara, acara pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Pengangkatan Djarot sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Setiawan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan didampingi rohaniwan. Sumpah ini dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden Nomor 76p Tahun 2017 tentang pengangkatan sebagai gubernur definitif tersebut kepada Djarot di Istana Merdeka, Jakarta.

Acara dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat. Turut hadir dalam prosesi itu, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, jajaran menteri Kabinet Kerja hingga jajaran DPRD DKI Jakarta.

Apa pun kabar yang beredar, kami mengucapkan selamat kepada Pak Djarot yang telah dilantik menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta. Semoga dengan waktu sangat singkat, dapat berikan manfaat besar untuk masyarakat DKI Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *