Cara Mudah Mengolah Jangkrik Menjadi Makanan Nikmat

Cara Mudah Mengolah Jangkrik

Cara Mudah Mengolah Jangkrik Menjadi Makanan Nikmat, sehingga semua anggota keluarga dapat menyukainya. Walau bentuk Jangkrik boleh seram atau menjijikkan, ternyata rasanya sangat nikmat bila diolah dengan benar.

Membahas tentang Jangkrik, ternyata tiada ujungnya. Hewan dengan suara khas ini, selain menyehatkan tubuh kita bila dikonsumsi, ternyata banyak cara atau teknik mengolahnya.

Teknik atau cara paling mudah mengolah Jangkrik menjadi makanan nikmat siap saji yang menyehatkan, maka kamu bisa langsung simak dibawah ini dan semoga kamu pun bisa menikmatinya:

– Cheese Stick Jangkrik (Cheekrik);

Biskuit stik keju yang gurih dari daging jangkrik. Jangkrik yang digunakan adalah jangkrik yang berumur 20 hari dengan maksud supaya tidak ada sayapnya. Sayap jangkrik tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga sebaiknya dibuang apabila jangkrik yang akan diolah telah bersayap.

Pertama-tama, jangkrik disiram dengan air panas untuk mengeluarkan kotorannya dan kemudian direbus selama 15 menit. Jangkrik tersebut kemudian dicuci berulang kali sampai bersih dari lendir berwarna hijau.

Jangkrik yang telah bersih kemudian dihaluskan dan dicampurkan ke dalam adonan cheese stick yang terdiri dari mentega telur, dan terigu yang telah diadon hingga merata.

Adonan yang telah tercampur merata, kemudian dicetak dan digoreng sehingga jadilah Cheese Stick Cheekrik. Cara cetak adonannya pun sama saja seperti kamu mencetak Cheese Stick ala kue lebaran.

– Rempeyek Jangkrik;

Rempeyek jangkrik dibuat dengan menggunakan bahan baku rempeyek pada umumnya. Hanya saja jika biasanya kita menggunakan udang, kacang, atau teri sebagai tambahan rempeyek, rupanya bisa diganti dengan daging jangkrik yang telah dikeringkan.

Rempeyek jangkrik telah banyak dijual dan bahkan telah sampai ke Istana, lho. Rempeyek Jangkrik termasuk salah satu makanan terlaris di Thailand, dan negara – negara ASIA lainnya.

– Nasi Goreng Jangkrik (Nasgor Krik);

Oleh karena itu, kalau mau mengkonsumsi daging jangkrik sebagai lauk, kita dapat mencoba nasi goreng jangkrik. Jika biasanya nasi goreng dicampurkan dengan telur, ayam, daging, atau udang, coba ganti dengan daging jangkrik.

Nasi goreng pun akan terasa lebih nikmat, gurih, dan bermanfaat. Bahkan menu ini telah ada di restoran-restoran lho, khususnya di Surabaya.

– Jangkrik Goreng Bumbu Saus Tiram Pedas;

Layaknya makanan sea food yang khas dengan bumbu saus tiram, karena rasanya menyerupai udang. Akan tetapi, lebih garing saja, kriuk – kriuk lezat.

– Jangkrik Tepung Goreng;

Khusus untuk kamu yang tidak menyukai penampilan aslinya Jangkrik, dapat mencobanya dengan dibumbui tepung. Sehingga seperti ayam tepung yang digoreng, tak nampak bentuk aslinya.

Cara termudah mengolah Jangkrik sebenarnya masih banyak selain diatas yang telah disebutkan. Oleh karena itu, coba deh kamu explore lebih lagi dengan mencoba – coba variasi lainnya untuk memasak Jangkrik menjadi hidangan yang lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *